Nyatakan Siap Maju Pilkada, Riyanda Putra Bantah Tolak Posisi Ketua DPRD Sawahlunto -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Nyatakan Siap Maju Pilkada, Riyanda Putra Bantah Tolak Posisi Ketua DPRD Sawahlunto

Selasa, 20 Agustus 2024
Fedrya Nanda, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno dan Riyanda Putra saat bersua di Jakarta. (Foto Istimewa) 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Riyanda Putra dan Jeffry Hibatullah nyatakan siap maju pada kontestasi Pilkada Kota Sawahlunto yang bakal dihelat pada 27 November 2024 mendatang.


Kedua pemuda potensial Kota Sawahlunto ini, berhasil mendapatkan dukungan dari dua partai penguasa di tingkat nasional, Gerindra sebagai penguasa eksekutif dan Golkar sebagai penguasa legislatif.


Hal ini tentunya akan berimbas pada pembangunan Kota Sawahlunto dimasa yang akan datang dengan koneksi pemerintah daerah dan pemerintah pusat.


Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade bersama Ketua DPD Golkar Sumbar, Khairunas baru-baru ini telah menyatakan sikap untuk mendukung pasangan anak muda potensial dalam kontestasi Pilkada Sawahlunto.


Andre Rosiade menyebut Riyanda dan Jeffry merupakan pemuda potensial yang menjadi pilihan Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Sawahlunto.


"Kami mohon dukungan kepada seluruh masyarakat Kota Sawahlunto, mari lakukan lompatan percepatan pembangunan untuk Kota Sawahlunto. Inilah wali kota dan wakil wali kota pilihan Presiden Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto," sebut Andre dalam video berdurasi 1 menit 19 detik, Jumat (16/8/2024) lalu.


Ketua DPD Partai Golkar Sumbar, Khairunnas juga menyatakan dukungannya untuk pasangan Riyanda dan Jeffry. Partai berlambang pohon beringin itu pun berharap Kota Sawahlunto lebih maju melompat sama seperti kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.


Dukungan dua partai besar itu menjadi tiket bagi pasangan Riyanda Putra dan Jeffry Hibatullah untuk bertarung pada Pilkada Kota Sawahlunto 2024. Selain itu, lobi tingkat tinggi juga dilakukan Riyanda dan Jeffry untuk mendapatkan dukungan dari PKS, NasDem, PPP dan Demokrat.


Perihal majunya Riyanda dalam kontestasi Pilkada Kota Sawahlunto 2024 ini dikarenakan dukungan masyarakat Kota Sawahlunto yang rindu dengan sosok pemimpin muda potensial yang mampu membawa progam-program pemerintah pusat.


Disisi lain, majunya Riyanda Putra dikarenakan belum mendapatkan kepastian menjadi Ketua DPRD defenitif Kota Sawahlunto dari Partai berlambang matahari sebagai peraih suara terbanyak di Kota Sawahlunto dan Riyanda pun dinobatkan sebagai peraih suara terbanyak di Dapil II Kecamatan Talawi.


Selain itu, hasil rapat pleno pengurus DPD PAN Kota Sawahlunto, Kamis 20 Juni 2024 melahirkan sebuah keputusan bahwa menetapkan Riyanda Putra sebagai calon Ketua DPRD Kota Sawahlunto 2024-2029, saat itu Riyanda telah menyatakan sikap dan siap untuk menjadi Ketua DPRD Kota Sawahlunto.


DPD PAN Sawahlunto mengusulkan secara berjenjang, ke DPP PAN melalui DPW PAN Sumatera Barat untuk mendapatkan surat keputusan dari DPP PAN.


Tak kunjung mendapatkan kepastian akan hal itu, Riyanda menyambangi Ibukota Jakarta untuk memperoleh informasi tentang siapa yang mendapatkan rekomendasi dari DPP PAN sebagai Ketua DPRD Defenitif Kota Sawahlunto.


Setelah mendengar langsung informasi dari Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno pada 7 Agustus 2024 lalu dan memang bukan dirinya yang ditunjuk oleh DPP PAN sebagai Ketua DPRD Defenitif Sawahlunto, Riyanda pun bertekad mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Wali Kota Sawahlunto dan bertarung melawan Deri Asta dalam kontestasi Pilkada.


Setelah Riyanda Putra dan Jeffry Hibatullah dideklarasikan Andre Rosiade dan Khairunas yang videonya viral di media sosial, barulah DPD, DPW hingga DPP PAN kalang kabut dan membujuk kembali Riyanda untuk menjadi Ketua DPRD Kota Sawahlunto 2024-2029.


Namun, semua hal itu sudah terlambat dan tidak ada kata-kata mundur bagi Riyanda. Ia dan Jeffry menyatakan sikap untuk ikut andil pada Pilkada Kota Sawahlunto dengan dukungan teman sejawat yang notabene berkutat dilingkungan pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.


"Saya tidak pernah menolak untuk Ketua DPRD Kota Sawahlunto. Namun, setelah saya nyatakan sikap maju pada Pilkada Kota Sawahlunto dengan dukungan Partai Gerindra dan Golkar, barulah DPD, DPW sampai DPP PAN kalang kabut menawarkan kembali posisi Ketua DPRD Kota Sawahlunto," sebutnya kepada media ini, Selasa 20 Agustus 2024. (ton)