Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang Tingkatkan Keterampilan Guru TK di Sawahlunto -->

Iklan Atas

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang Tingkatkan Keterampilan Guru TK di Sawahlunto

Jumat, 26 Juli 2024
Foto bersama Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dan Lembar Kerja Anak Inovatif Berbasis Aplikasi Canva. (Foto Istimewa) 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Guna meningkatkan keterampilan guru TK, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dan Lembar Kerja Anak Inovatif Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru TK di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto bertempat di TK Negeri Pembina Desa Salak, 24-25 Juli 2024 kemarin. 


Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu implementasi dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Tujuan kegiatan PKM ini adalah mendesiminasikan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kehidupan masyarakat yang lebih baik. 


Kegiatan ini diselenggarakan Tim Pengabdian Masyarakat UNP yang diketuai Tisna Syafnita, M.Pd dari Departemen PG PAUD FIP UNP, dengan anggota Reni Kurnia, M.Pd dan Rosmaria, M.Pd dari Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP serta 3 orang mahasiswi dari prodi PG PAUD PSDKU Kota Sawahlunto, Viga Priscillia, Dewi Nur Berlianti dan Della Novita. 


Pelatihan ini turut bekerjasama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) TK Kecamatan Talawi dengan ketua Jasma Susita, S.Pd.


Saat membuka kegiatan, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Kota Sawahlunto, Desri Fahmi, M.Pd. dalam sambutan menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terimakasih kepada Universitas Negeri Padang, Tim PKM dan KKG atas diselenggarakannya kegiatan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi guru TK, Khususnya dalam bidang pemanfaatan teknologi.


Ketua tim pengabdian Tisna Syafnita menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, karena masih kurangnya keterampilan para guru TK di wilayah Kecamatan Talawi dalam merancang media pembelajaran dan Lembar Kerja Anak (LKA) menggunakan teknologi. 


"Guru-guru masih menggunakan media-media konvensional, padahal saat ini telah ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah untuk merancang media pembelajaran, seperti Canva," sebutnya. 


Tisna Syafnita mengucap syukur dan apresiasi kepada seluruh peserta kegiatan pelatihan atas semangat dan antusias para peserta dalam mengikuti pelatihan dan membuat media dan LKA sendiri dengan menggunakan aplikasi Canva. 


"Kepada para peserta, agar media dan LKA yang sudah dibuat dalam pelatihan ini dapat digunakan oleh para guru di sekolah masing-masing. Sehingga kebermanfaatan dari kegiatan pengabdian ini tidak hanya dirasakan oleh para peserta saja tapi juga dapat dirasakan oleh anak-anak didik di sekolah masing-masing dan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Taman kanak-Kanak Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto," pesannya kemudian. 


Narasumber pertama, Dr. Jhoni Warmansyah, M.Pd merupakan akademisi bidang PAUD lulusan Universitas Negeri Jakarta membahas tentang pentingnya guru TK bisa memanfaatkan teknologi. 


"Karena saat ini kita sedang menyongsong era society 5.0 dan anak-anak tidak dapat dipisahkan dari teknologi," ungkapnya saat pelatihan. 


Sehingga guru juga perlu memiliki kemampuan untuk mencipatakan media-media pembelajaran yang berbasis pada teknologi. Ia membuka cakrawala dan pemahaman para guru untuk terus meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran di TK dengan memanfaatkan teknologi yang ada. 


"Hal ini akan membuat pembelajaran berjalan efektif dan efisien," sambung Jhoni Warmansyah. 


Selanjutnya narasumber kedua, Abdurrahman Niarman, M.Sc yang juga merupakan akademisi bidang Pendidikan Teknologi Informasi mengajarkan peserta bagaimana menggunakan aplikasi Canva dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk menghasilkan media pembelajaran dan Lembar Kerja Anak yang inovatif. 


Lulusan Wroclaw University Polandia ini juga menjelaskan kepada para peserta 5 jenis media yang dapat dibuat menggunakan aplikasi Canva diantaranya: Puzzle, Storyboard, Flash Card, Buku Cerita, dan Video Cerita. Ia juga mempraktekkan langsung bersama peserta tahapan demi tahapan pembuatan media tersebut di Canva.


Salah satu peserta, Ketua KKG TK Kecamatan Talawi Jasma Susita, S.Pd menyampaikan dengan adanya pelatihan ini guru-guru sangat terbantu dalam membuat media pembelajaran dan LKA. 


Sebelumnya ibu-ibu guru hanya mengetahui bahwa canva digunakan untuk membuat PPT atau poster saja, akan tetapi setelah pelatihan ini ibu-ibu jadi bisa mengetahui dan memahami fitur-fitur yang ada di Canva dan menggunakan aplikasi Canva untuk membuat buku cerita, video cerita dan flash card yang kreatif dan dapat disesuaikan dengan topik pembelajaran. 


"Saya juga akan menyampaikan pengalaman berharga ini dan saya bagikan kepada teman sejawat di sekolah," tutur Jasma Susita bersemangat. 


Diakhir kegiatan, para peserta berhasil membuat media dan LKA sendiri di aplikasi Canva masing-masing. Dimana sebagian besar peserta berhasil membuat video cerita dan beberapa orang lainnya berhasil membuat story board, flash card dan puzzle yang disesuaikan dengan topik pembelajaran. (rel/ton)