Bamus dan Wali Nagari Pasir Talang Selatan Ajak Warga Bangkitkan Tradisi Gotong Royong -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Bamus dan Wali Nagari Pasir Talang Selatan Ajak Warga Bangkitkan Tradisi Gotong Royong

Minggu, 21 Juli 2024

 

Sejumlah warga  jorong Kelampaian Ps Tlg Selatan, kembali ke tradisi Gotong Royong bersihkan saluran air. (Abg

Solsel,fajarsumbar.com - Membangkitkan kembali jiwa ke gotong royongan ditengah tengah masyarakat, karena selama ini jiwa gotong royong sudah ditelan masa. 

Untuk itu Pemerintahan Nagari Pasir Talang Selatan bersama Badan Musawarah Nagari Bamus memiliki program Gotong Royong mempererat silahturahmi.

Hampir semua masyarakat dan pemuda di Joring Kelampaian Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, (Sumbar) berjibaku gotong royong bersama memperbaiki dan membersihkan tali bandar yang tersumbat akibat banyak tumpukan sampah penyebab banjir. 

Turut hadir, anggota DPRD Solok Selatan Alber Arifin, Pj Wali Nagari Petri, Ketua Bamus Hendrivon dan sejumlah anggota Bamus, warga setempat. Minggu (21/7/2024). 

Wali Nagari Pasir Talang Selatan Petri mengatakan, kegiatan ini bermula. muncul dari acara pertemuan membahas RKP tingkat jorong dan didapatlah sejumlah permasalahan, termasuk pembersihan tali bandar penyebab banjir, maka disepakati dalam waktu dekat kami ajak warga bergotong royong, buktinya mereka banyak yang turun. 

Sementara itu ketua Bamus Pasir Talang Selatan Hendrivon menambahkan, kegiatan gotong royong ini sudah lama fakum atau dihimpit zaman, masyarakat tidak lagi bisa melakukan gotong royong karena banyak kesibukan. 

Maka dari itu, kami dari Badan Musawarah Nagari (Bamus) memiliki program gotong royong kita bangkitkan kembali ditengah tengah masyarakat, gotong royong banyak manfaatnya untuk membantu program yang ada di nagari atau jorong. 

"Nagari dan Bamus kedepan akan rutin mengajak warga untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan ini. kalau tidak kita siapa lagi," ajak ketua Bamus. 

Minggu depan akan dilaksanakan goro bersama di jorong Rawang dan berlanjut ke jorong lainya yang ada di Nagari Pasir Talang Selatan ini, berharap kepada masyarakat, tunjukan partisipasi disaat pemerintah dan nagari membutuhkan, seperti gotong royong bersama, jangan disaat gotong royong yang datang hanya perangkat nagari dan Bamus saja. 

Baik wali nagari, Bamus berharap kepada masyarakat, agar jangan buang sampah dialiran sungai dan drainase, ini yang menyebabkan air tersumbat dan banjir dadakan. 

Salah seorang warga Kelampaian Depi mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sangat mendukung kegiatan gotong royong ini dibangkitkan kembali, banyak manfaat dari kegiatan itu, dan pada hari ini kegiatan goro bersama sangat membantu sekali masyarakat, yang setiap hari hujan daerah ini sering dilanda banjir, karena tali bandar selalu tersumbat, sejak dilakukan gotong royong sehari penuh alhamdulillah mengurangi resiko genangan air.(Abg).