Pasar Kuliner Dipadati Pengunjung, Omset Pedagang Jutaan Rupiah -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Pasar Kuliner Dipadati Pengunjung, Omset Pedagang Jutaan Rupiah

Rabu, 05 Juli 2023
Pasar Kuliner Padang Panjang pada malam hari


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Ketika musim libur sekolah seperti sekarang Pasar Kuliner  Padang Panjang di Terminal Kantin menjadi destinasi wisata. Suasana pasar kian ramai. 


Tidak hanya wisatawan, rombongan pelajar dari berbagai daerah bannyak pula yang singgah untuk mengisi perut sambi berwisata. 


Inilah tempatnya berwisata kuliner yang sudah sejak lama menjadi unggulan Padang Panjang.


Pasar beroperasi sejak sore sampai dini hari.


Sepanjang  ruas Jalan Sudirman, puluhan bus wisata dan kendaraan pribadi parkir silih berganti. Ratusan hingga ribuan pengunjung, memadati Pasar Kuliner ini 


Deretan gerobak pedagang makanan dengan beragam jajanan  tersedia di sini dan menjadi daya tarik bagi pengunjung. Harganya pun relatif murah. 


Ketika malam tiba, lampu yang menghiasi pasar tampak indah dan menarik. 


Bagi pengunjung inilah momen menarik untuk mereka dokumentasikan , selain mencicipi kelezatan beragam menu yang dijual pedagang.


Banyak jenis kuliner yang bisa dipilih. Mulai dari makanan hingga minuman tersedia. Yang tradisional maupun modern. 


Ada sate, martabak kubang, nasi goreng, nasi ramas, mie goreng, bakso, roti bakar dan sebagainya. Ada pula teh talua, skoteng, kopi, teh, dan banyak minuman lainnya. 


Hafiz dari Kota Pekanbaru  mengaku singgah ke pasar ini untuk makan bersama keluarga sebelum melanjutkan perjalanan ke Solok.


“Saat ini lagi liburan sekolah. Jadi sambil mengisi waktu libur, dimanfaatkan jalan-jalan dan pulang kampung sama keluarga,” jelasnya.


Bagi Hafiz,  Pasar Kuliner begitu menarik perhatiannya untuk berkunjung karena letaknya yang strategis di pusat Kota Padang Panjang. Bersama keluarganya memutuskan untuk singgah membeli makanan sebelum melanjutkan perjalanan.


Menurutnya, makanan di sini enak dan lezat. Tak cukup satu, beragam pilihan menu  ia coba. Karena jarang ada kuliner seperti ini di daerah lain, termasuk di daerah asalnya. 


Pasar Kuliner Padang Panjang yang viral sejak beberapa waktu ditempati puluhan pedagang. Tidak hanya makanan dan minuman di ujung sebelah timur ada pula pedagang cinderamata produksi lokal maupun luar Padang Panjang. 


Lokasi pasar merupakan ruas jalan yang sebelumnya terminal oplet  jurusan Bukittinggi dan angkutan pedesaan yang melayani daerah sekitar Padang Panjang, Batipuh dan X Koto. 


Semenjak dijadikan lokasi Pasar Kuliner terminal oplet pun pindah ke jalan Bandel Djohan samping Pasar Kuliner. 


Pedagang yang berjualan di sini tidak dipungut sewa tempat. Cukup membayar retribusi sampah saja. 


Lokasi Pasar Kuliner adalah tanah milik TNI-AD yang disewa Pemko Padang Panjang dengan sana APBD, karena itulah pedagang menempati dengan gratis. Bahkan sebahagian tenda pedagang disediakan pemko  melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi. 


Di pasar ini setiap malamnya beredar uang ratusan juta. Pedagang pun meraup untung. \(syam)