Sekolah Swasta Harus Miliki Ciri Khas -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Sekolah Swasta Harus Miliki Ciri Khas

Jumat, 25 Juni 2021

Dr Fitri Arsih


Padang, fajarsumbar.com - Pakar pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP), Dr Fitri Arsih mengatakan sekolah swasta harus memiliki ciri khas guna menarik siswa baru.


Selain punya keunggulan dan mempunyai ciri khas seperti dalam proses pembelajaran, juga sarana dan prasarananya, hingga keterampilan yang diajarkan," jelas Dr Fitri Arsih di Padang, Senin,(21/06/2021).


Menurutnya, sekolah swasta harus melakukan inovasi dan memperbaiki mindset tentang keberadaan sekolahnya di tengah masyarakat.


Fitri mengatakan jika sekolah sudah mempunyai kelebihan dan ciri khas, maka mengakibatkan sekolah swasta tersebut menjadi berkualitas.


Jika sekolah sudah berkualitas sehingga orang tua tidak akan segan menggelontorkan jumlah uang yang besar demi proses pembelajaran anaknya.


Sebab, besaran uang sekolah sesuai dengan proses, sarana keterampilan dan pengetahuan yang akan dimiliki siswa saat menempuh pendidikan di sekolah tersebut.


Untuk mempunyai kelebihan dan ciri khas, Fitri menekankan sekolah swasta harus mempunyai ide-ide inovasi yang kreatif harus terus dikembangkan agar sekolah swasta bisa bersaing dengan sekolah negeri.


"Management sekolah swasta harus dapat menjelaskan kepada calon wali murid tentang bidang ilmu yang menonjol di sekolah tersebut sehingga bisa membuat orang tua bangga ketika anaknya bersekolah di sekolah swasta tersebut," jelas Fitri.


Selain itu, Fitri Arsih mejelaskan, dengan memanfaatkan media sosial yang terus berkembang saat ini, menjadi media bagi sekolah swasta dalam membranding sekolahnya sehingga lebih baik.


Melalui media sosial, media cetak, dan media elektronik, sekolah swasta dapat menonjolkan sisi terbaik sekolahnya, seperti mengorbitkan siswa-siswinya yang berprestasi, dan menjelaskan prestasi dari alumni-alumninya.


"Yang jelas, selain ketua yayasan, kepala kepala sekolah harus bisa memanagement semua unsur yang ada di sekolah swasta tersebut," ujar dia.


Saat ini, penerimaan siswa dengan sistim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis zonasi, menyebabkan penerimaan siswa baru di sekolah negeri berdasarkan jarak terdekat dari rumah ke sekolah berdampak cukup signifikan terhadap penerimaan di sekolah swasta.


Sistim penerimaan melalui jalur PPDB menyebabkan minat wali murid menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta jauh menurun.


Sekolah swasta harus melakukan berbagai strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat dalam menyekolahkan anaknya. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kuota rombongan belajar dari peserta didik baru agar terpenuhi. (RDz)