UNP Gelar MTQ Tingkat Mahasiswa, Segini Pesertanya -->

Iklan Cawako Sawahlunto

UNP Gelar MTQ Tingkat Mahasiswa, Segini Pesertanya

Senin, 24 Mei 2021

.


Padang, fajarsumbar.com - Lebih kurang 163 orang mahasiswa ambil bagian pada Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Mahasiswa UNP Tahun 2021.


Pada lomba MTQ Tingkat Mahasiswa UNP yang berlangsung, Senin dan Selasa, (24-25/05/2021) itu, diikuti peserta utusan dan hasil seleksi dari delapan Fakultas dilingkungan UNP.


MTQ dikalangan mahasiswa UNP tersebut, selain bertujuan untuk menghadapi kegiatan yang sama di Tingkat Nasional, tetapi juga yang utama untuk menyiapkan generasi Islam yang Qurani bisa menghayati dan mengamalkan nilai yang terkandung dalam Alquran, jelas Wakil Rektor (WR) III UNP Drs. Hendra Syarifuddin, Ph.D.


Ia berharap ajang MTQ ini tiap tahun bisa dijadikan sebagai wadah pembinaan mahasiswa untuk menghayati memperdalam, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.


Kendati kegiatan MTQ ini diselenggarakan di tengah masa pandemi COVID-19, Hendra  berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses serta bisa pula memilih perwakilan dari UNP untuk dikirim ke Lomba MTQ Tingkat Nasional.


"Insyaallah MTQ Tingkat Nasional, akan berlangsung pada November 2021 ini namun tempat pelaksanaan masih belum ditetapkan," ujarnya.


Pada lomba MTQ yang digelar oleh UNP saat ini, mahasiswa yang terpilih diharapkan betul bisa mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, dan UNP akan mendukung sepenuhnya persiapan pelatihan yang diadakan untuk MTQ tersebut.


Ia berkeinginan agar seleksi peserta MTQ tidak hanya tingkat fakultas saja, namun secara berjenjang dimulai dengan kompetisi tingkat jurusan dan lanjut tingkat fakultas sehingga ke depan tidak hanya mengirimkan nama-nama saja.


Melalui kompetisi yang berjenjang tersebut, syiarnya akan lebih menggairahkan semuanya tidak hanya mahasiswa namun juga staf pengajar karena nilai-nilai yang ada pada Alquran adalah nilai yang mulia.


"Jadi apapun aktivitas atau profesi ilmu pengetahuan yang didalami semuanya tidak terlepas dari Alquran. Sebab Alquran adalah wahyu terbesar yang diberikan Allah pada Muhammad S.A.W.," ujar dia.


Sementara Ketua Panitia MTQ Mahasiswa UNP Miftahul Khair, Ph.D menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian proses dari seleksi dan pembinaan untuk menjadikan kafilah UNP pada kegiatan MTQ Mahasiswa Nasional yang dilaksanakan sekitar November 2021 ini.


 Kegiatan MTQ yang dilaksanakan ditengah pandemi Covid- 19, digelar dengan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat dengan meniadakan penonton luring, dan yang hadir hanyalah para peserta lomba ditambah panitia dan dewan hakim.


"Seluruh kegiatan berada dalam pengontrolan Satuan Petugas (Satgas) COVID-19 UNP, semoga dengan ini, diharapkan tidak menimbulkan klaster baru dari peserta yang terlibat," harapnya.(Rel/RDz)